"Anggaplah Idol sebagai penyemangat dalam hidup kalian. Supportlah Idol semampu kalian tanpa harus merugikan diri sendiri maupun orang lain dan pemujaan yang berlebihan itu tidak sehat. "
javascript:void(0)

Kamis, 25 Juli 2013

Delusi Oh Delusi [Apa Itu Delusi?]


1. Menurut Kamus: pikiran atau pandangan yg tidak berdasar (tidak rasional), biasanya berwujud sifat kemegahan diri atau perasaan dikejar-kejar; pendapat yg tidak berdasarkan kenyataan; khayal
2. Delusi adalah kesalahpahaman serius pada seseorang tentang apa yang terjadi; kesalahpahaman tentang apa yang dilihat, didengar, dan pikirkan. Pengidap delusi sangat memegang keyakinan tidak rasional dan tak realistis, yang sangat sulit berubah, bahkan ketika orang itu dihadapkan pada bukti yang bertentangan dengan khayalannya. Seringkali disebut juga paranoid; ia curiga berlebihan dan terus-menerus terhadap konspirator yang akan mencelakainya. Namun, delusi juga bisa menyangkut keyakinan (akan mendapat, memperoleh kemegahan, kekuasaan atau berkuasa), fantasi cinta yang rumit, atau kecemburuan ekstrim dan irasional.

Delusi menyudutkan seseorang untuk melakukan tindakan yang mengacaukan situasi. Seseorang bertindak berdasarkan persepsi salah yang membuat kita membayangkan respons negatif dari orang lain, karena itu mungkin sekali orang tersebut justru mendapat reaksi seperti yang dibayangkan sehingga menguatkan rasa takut.


Tipe delusi
Ada beberapa macam tipe delusi diantaranya;
• Delusion of erotomanic; individu mempercayai seseorang mempunyai kedudukan penting dan terlibat percintaan dengannya.
• Delusion of grandiose; Individu mempercayai bahwa ia mempunyai pengetahuan yang lebih, bakat, insight, kekuatan, kepercayaan orang, atau mempunyai hubungan khusus dengan orang terkenal bahkan Tuhan.
• Delusion of jealous; Individu mempercayai bahwa pasangannya berselingkuh atau tidak dapat dipercaya.
• Delusion of persecutory; Individu mempercayai bahwa dirinya ditipu, dimata-matai, diikuti, difitnah dan tidak mempercayai orang lain.
• Delusion of somatic; Individu mempercayai bahwa tubuhnya merasakan sensasi sesuatu atau merasakan salah satu dari bagian organ tubuhnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
• Tipe campuran; mempunyai delusi lebih dari satu tema
• Tipe tidak terdefinisi; bila tidak termasuk didalam kategori yang ada diatas; atau tipe lainnya yang berkaitan dengan budaya setempat

Apakah Anda Termasuk Orang Sering Melakukan Delusi?

3 komentar:

  1. Bukan sering lagi. Tiap detik~

    BalasHapus
  2. gua mah suka delusi klo pas bete , juju seakan hadir ngehibur gw

    BalasHapus
  3. Ohh jadi gitu Pengertiannya. Terimakasih infonya.

    BalasHapus